Kuku kakimu lepas? Tenang. Jangan panik. Tetap tersenyum sambil terus membaca tulisan ini. Berikut akan saya bagikan beberapa tips yang bisa dilakukan saat kuku kaki lepas berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat.

1. Bersihkan luka atau biarkan

Bersihkan luka dengan air mengalir. Jika luka pada kuku terlalu parah, maka biarkan tenaga medis yang membersihkannya. Cukup upayakan agar luka tidak terlalu terbuka dan terhindar dari debu. Jangan menutup luka terlalu rapat untuk menghindari gesekan atau kondisi lembab.

2. Segera kunjungi puskesmas/ rumah sakit terdekat

Jika kamu sendirian, hubungi orang terdekat yang bisa membantumu. Segera cari informasi dan kunjungi puskesmas/ rumah sakit terdekat agar luka segera ditangani. Biasanya apabila kuku sudah dalam posisi terlepas sebagian, maka tenaga medis akan menyarankan untuk melepas semua kuku (T.T) dengan alasan agar pertumbuhan kuku nantinya lebih baik.

3. Persiapkan mental apabila kuku harus dilepas

Sebelum dilepas, luka dibersihkan dengan menggunakan NaCl 0,9% oleh petugas medis. Rasanya tidak perih. Kemudian area disekitar kuku yang luka disuntik bius sehingga terasa kebas. Perlahan kuku dilepas. Kemudian ditutup dengan kain kassa tulle dan perban.

4. Ikuti arahan petugas medis

Beberapa saran yang diberikan setelah kuku dilepas yaitu:

  • Biarkan jari diperban selama kurang lebih 3 hari
  • Tidak perlu mengganti perban
  • Jangan sampai terkena air atau debu secara langsung
  • Hindari sentuhan atau gesekan pada bagian luka
  • Bagi muslimah agar aurat tetap terjaga, solusinya bisa menggunakan kaus kaki wudhu sehingga kuku kaki yang terluka bisa dibiarkan sedikit terbuka
  • Jangan gunakan sepatu tertutup
  • Usahakan luka dalam kondisi kering atau tidak lembab

Setelah 3 hari, maka kunjungi lagi puskesmas/ rumah sakit untuk membuka perban.

5. Beri betadine

Sesekali teteskan betadine pada tepi tempat kuku tumbuh. Fungsinya sebagai antiseptik. Perhatikan jangan sampai kapas cutton bud menempel pada luka karena dapat menyebabkan infeksi dan bernanah. Perhatikan kebersihan dan jangan sampai luka terkena air.

6. Tidak perlu menutup luka

Setelah perban dibuka, maka tidak perlu untuk menutupnya kembali. Karena dikhawatirkan akan menjadi lembab. Cukup usahakan agar luka terhindar dari debu. Bisa menggunakan kaos kaki wudhu dan kurangi aktivitas di luar ruangan. Tidak perlu dibilas dengan air. Apabila ingin dibersihkan, bisa menggunakan NaCl 0,9%. Apabila terdapat nanah, cukup dibersihkan dengan air hangat dengan bantuan cutton bud.

7. Biarkan luka kering

Luka akan kering dengan sendirinya kurang lebih dalam 2 hingga 3 minggu. Setelah kering, maka bersihkan dari sisa-sisa luka. Tetesi betadine pada daging bagian tempat tumbuh kuku secara keseluruhan. Jari sudah boleh ditutup, namun jangan terlalu rapat dan jangan sampai bergesekan karena akan terasa ngilu.

8. Kuku akan tumbuh sendiri

Setelah benar-benar kering, maka perlahan-lahan kuku akan mulai tumbuh setelah 2 hingga 3 bulan. Hingga saat ini (kejadian bulan Desember 2019), kuku kaki saya telah tumbuh separuh. Alhamdulillah.

Sekian tips dari pengalaman kuku kaki lepas yang bisa saya bagikan. Hal paling penting adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Berhati-hatilah dalam melangkah agar kuku kakimu tidak lepas hehe. Semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan atau berbagi pengalaman yang sama, silakan tinggalkan jejak 🙂 Terima kasih.