Institut Teknologi Sumatera (ITERA) patut berbangga. Mengapa? Karena ITERA memiliki rancangan kebun raya yang nantinya akan difungsikan sebagai tempat konservasi tumbuhan, penelitian, pendidikan serta sarana rekreasi. Hal ini senada dengan slogan utama ITERA yaitu Smart, Friendly, dan Forest Campus.

Kebun Raya ITERA direncanakan akan dibangun dengan luas hingga 150 hektar. Akan terdapat Arboretum (tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian atau pendidikan) seluas 2 hektar. Sebanyak 48 jenis tanaman langka akan menghiasi Arboretum (sumber: saibumi.com).

Visi Kebun Raya ITERA yaitu menjadi kebun raya terkemuka di dunia dalam bidang konservasi, penelitian dan pendidikan berbasis tumbuhan pamah Sumatera untuk pemanfaatan yang berkelanjutan. Berat ya pembahasannya, rek! Untuk info lebih lanjut bisa diklik di Kebun Raya ITERA dan bisa dikulik di Instagram Kebun Raya ITERA.

Saya dan teman-teman mengunjungi Kebun Raya ITERA pada hari Minggu (28/07) setelah lari pagi mengelilingi embung utama di dekat gerbang masuk ITERA. Kami berjalan melewati gedung C, kemudian kantin Rumah Kayu dan akhirnya tembus ke GKU (Gedung Kuliah Umum). Dari GKU, kami melewati jalan berbatu menuju Kebun Raya ITERA dengan waktu tempuh kurang lebih 20 hingga 30 menit. Waw, lama sekali! Ini karena diselingi haha hihi dan foto ala-ala.

Berikut beberapa penampakan kawasan Kebun Raya ITERA yang sayang untuk dilewatkan.

Pada beberapa kesempatan, saya mendapati segerombolan burung yang terbang membentuk sebuah formasi sambil berkicau. Namun, tidak sempat diabadikan karena terlalu terpesona dengan keindahan ciptaanNya. Di Kebun Raya ITERA terdapat sebuah taman yang dinamakan Taman Estetika. Waw, namanya keren beudh . Taman ini juga masih dalam tahap penyelesaian.

Saya optimis apabila Kebun Raya ITERA selesai dibangun, maka akan menjadi salah satu tempat terbaik untuk berwisata sambil belajar. Serta menjadi salah satu strategi untuk memperkenalkan ITERA kepada masyarakat lokal, luar daerah hingga internasional. Luar biasa!

Bagi teman-teman yang memiliki hobi fotografi, rasanya tidak akan cukup sehari untuk menjelajahi setiap sudut Kebun Raya ITERA. Karena setiap sudutnya memberikan nuansa dan kenangan yang berbeda. Asik.

Bagaimana? Tertarik untuk ikut “mengintip” Kebun Raya ITERA? Yuk, jangan buang kesempatanmu untuk datang dan berkunjung ke Kebun Raya ITERA di Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Desa Way Hui, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan Provinsi Lampung. Ditunggu, lho!

Terima kasih. Semoga bermanfaat.