Manusia cenderung bersifat adaptif. Meniru apa yang sering dilihat, didengar atau dirasakan. Apabila suatu kegiatan dilakukan secara terus-menerus, maka akan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan. Lalu, bagaimana cara untuk menjaga kualitas diri? Agar tidak terpengaruh dengan keadaan yang buruk. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Perbaiki niat

Hal yang paling utama dalam melakukan segala sesuatu adalah niat.

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya.”

HR. Bukhari dan Muslim

Oleh karena itu, perbaiki niatmu. Lakukan segala sesuatu agar kita semakin dekat denganNya. Jangan pernah melakukan sesuatu untuk dipuji. Karena apabila tidak ada yang menghargai hal yang kita lakukan, maka kita akan kehilangan semangat untuk berbuat lebih baik lagi. Hal ini tentu akan menurunkan kualitas diri.

2. Lingkungan yang positif

Siapa pun pasti menginginkan berada di lingkungan yang positif. Positif disini berarti bahwa dengan berada di lingkungan tersebut, ia merasa lebih percaya diri, merasa lebih baik dan dapat mengerjakan sesuatu dengan fokus. Lingkungan yang positif juga didukung dengan orang-orang yang positif. Cari dan temukan mereka yang sesuai dengan karaktermu, sehingga kita mampu mengembangkan potensi yang dimiliki.

3. Buat daftar impian

Tulis semua hal yang ingin kita lakukan. Tulis semua impian yang ingin dicapai. Sesimpel apapun bahkan setinggi apapun. Karena dengan menulis, kita akan semakin terpacu untuk mewujudkannya. Setiap impian yang terwujud, jangan lupa untuk merekapnya. Dengan begitu, kita akan semakin terpacu untuk menjaga kualitas diri dalam mencapai impian.

4. Jangan Lupa Istirahat

Salah satu hal yang paling penting namun sering dianggap sepele adalah istirahat. Banyak orang yang begitu semangat melakukan segala sesuatu untuk mencapai apa yang diinginkannya namun lupa bahwa tubuh mereka juga memiliki hak untuk beristirahat. Sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat. Istirahat dapat dilakukan dengan banyak hal. Seperti tidur, bermain atau menjelajahi tempat baru.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas diri. Semoga apa yang kita upayakan hari ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain dan kehidupan selanjutnya.

Sekian.