“Siang, Pak. Saya mau tes narkoba.”


Salah satu kalimat paling frontal yang pernah saya ucapkan

Awalnya saya ogah untuk tes bebas narkoba (lagi) setelah dua tahun yang lalu pernah melakukannya dalam rangka mahasiswa-baru-lulus-dan-ingin-mencari-kerja. Alasannya karena mahal dan sepertinya belum dibutuhkan.

Hingga akhirnya saya diharuskan untuk mengurusnya kembali karena ingin mencoba peruntungan mendaftar menjadi dosen (uhuk) di salah satu universitas masih muda di Pulau Sumatera. Saya pun memutuskan untuk mengurusnya pada hari Jumat (08/03/2019).

Kurang lebih pukul 11.00 WIB, saya tiba di Dinas Kesehatan Kota Bandung yang berada di jalan Supratman No. 73 Cihapit, Bandung Wetan. Saya deg-degan takut sudah jam istirahat. Alhamdulillah, pendaftaran masih dibuka.

Saya pun mengutarakan maksud dan tujuan pada pak satpam dan kemudian mendapatkan nomor antrean serta selembar kertas kecil berisi formulir biodata singkat. Jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP!

Setelah mengisi biodata, nomor antrean pun dipanggil. Untuk pemeriksaan narkoba, teman-teman akan dikenakan biaya sebesar Rp 125.000. Ya, lumayan menguras kantong.

Daftar Harga Pemeriksaan di Dinas Kesehatan Kota Bandung

Setelah membayar, nanti akan diberi selembar kertas yang harus dibawa saat pengambilan hasil serta botol sakti untuk menampung urin. Kata Tetehnya, urin yang keluar pertama dibuang dulu. Kemudian baru ditampung hingga setengah botol. Hmm, baiklah.

Saya pun menuju toilet (yang dalam tahap perbaikan sehingga airnya tidak nyala T.T). Setelah menampung urin, botol tersebut diletakkan di tempat penyimpanan urin dan dahak (ada papan tanda di bagian atas loket). Hasil sudah bisa diambil pukul 15.30 WIB. Waw, sangat cepat!

Pukul 15.30 WIB saya kembali ke Dinkes berbekal selembar kertas yang tadi diberikan saat pendaftaran. Kemudian nama saya dipanggil dan taraaaa. Perasaan saya tak karuan saat membuka hasil tes. Alhamdulillah negatif semua. Anakmu masih baik, Ma!

Sekian pengalaman saya melakukan tes bebas narkoba di Dinas Kesehatan Kota Bandung. Selamat berjuang. Semoga bermanfaat. Selamat mencari kerja!